Sepele, tapi besar manfaatnya dalam
menghemat konsumsi BBM. Karena kalau tekanan angin kurang, dapat
menimbulkan keborosan BBM 10-15%. Jadi pastikan tekanan ban di motor
kesayangan selalu tepat sebelum mengendarainya.
2. Cek Kondisi Roda
Contoh dari kelurusan putaran, kelancaran
putaran roda dan lainnya. Sebab apabila putaran roda berat atau tak
presisi, jelas akan memperlambat laju motor. Pemicunya pelek tidak
center(speleng), bearing roda aus atau kurang pelumasan dan sebagainya.
3. Atur Jarak Main Rem.
Apabila rem sampai menempel, tentu akan
bikin lari motor jadi berat. sehingga pemakaian bensin tidak sesuai sama
jarak tempuh motor. Makanya, atur jarak main tuas rem motor baik depan
maupun belakangminimal 1/3 dr jarak main tuas secara keseluruhan. Jangan
telalu rapat, karen dikhawatirkan kampas rem jadi menempel.
4. Pelumas
Daya lumas oli yg baik mampu membuat
kitiran mesin lebih enteng serta dapat menjaga kompresi di ruang bakar
sempurna. Ini akan menciptakan power mesin lebih optimal, sehingga lari
motor lebih cepat (jarak tempuh jauh), namun bensin hemat. Ingat
pengantian oli secara rutin dan tak melebihi batas servis yang di
anjurkan (tiap 2.000-2.500KM) akan membuat performa mesin selalu segar
dan putaran yang lancar.
5. Setel Klep
Celah klep terlalu longgar atau rapat bisa
bikin tenaga mesin turun. Pengendara pun cenderung membetot gas lebih
dalam demi meraih akselerasi cepat, efeknya, BBM banyak terpakai, untuk
itu, kerenggangan komponen ini kudu disetel tepat sesuai spesifikasi
motor masing”.
6. Stel Kopling
Stelanya jangan sampai terlalu sensitif.
Maksudnya, saat tuas kopling ditekan, gigitan kampas kopling jadi cepat
ngelos. Hal ini membuat kopling mudah selip saat gas di pelintir. Lari
motor pun jadi tertahan, tapi putaran mesin meninggi. Selain itu,
pastikan pula kondisi kampas kopling masih berperforma baik. bisa sudah
tipis/aus segeralah ganti baru.
7. Busi
Umur kerja busi, efektifnya sampai jarak
tempuh 6.000-7.000KM. Lebih dari itu, performa busi mulai menurun. Hasil
pembakaran di ruang bakar juga ngedrop, alhasil pemakaian BBM menjadi
boros, sebab campuran gas jadi tak terbakar dengan sempurna, tenaga
mesin pun loyo. Oh ya, bila umur busi masih efektif, rajinlah
dibersihkan saat servis rutin, sebab bila elektroda busi sampai
diselimuti kerak, bisa menurunkan kualitas percikan busi. Selain itu,
atur pula kerenggangan elektroda busi sesuai spesifikasi yg di anjurkan.
8. Filter Udara
Filter jenis viscous element tak boleh di
bersihkan atau disemprot angin bertekanan. sebab akan merusak filter dan
melunturkan pelumas penangkap debu di dalamnya. Bila tampak kotor kudu
diganti baru.tapi yg berbahan busa,masih bisa dicuci. Selain menghemat
konsumsi BBM, tarikan motor pun jauh lebih enteng.
9. Servis/Setel Karburator (tidak berlaku untuk injeksi).
Di anjurkan tiap kali servis rutin guna
menghindari spuyer atau saluran bensin tersumbat kotoran. Sehingga
selalu didapat efek pengabutan bahan bakar yg sempurna. Selain itu,
setelan ketinggian pelampung, sekrup udara atau pilot air screw juga
sangat mempengaruhi hasil pembakaran mesin. Bila dilakukan tepat, dapat
memperbaiki power mesin hingga 0,5dk dan tentu berdampak bikin irit
konsumsi BBM.
10. Menaikan Kompresi.
Ini langkah meningkatkan torsi mesin di
putaran bawah, jadi saat berakselerasi awal, tidak perlu buka gas
terlalu dalam, bensin pun irit. Tentu proses peninggian kompresi mesin
tak ekstrem harus papas head, melainkan cukup mengurangi ketebalan
paking atau mengganti pistone berdome tinggi.
11. Upgrade Sistem Pendinginan
Stabilitas suhu mesin sangat mempengaruhi performa dapur pacu. makanya, akali dengan memasang oil cooler.
Untuk motor penganut sistem pendingin
cair, bila ingin suhu radiator dan mesin tetap terjaga ideal saat motor
terjebak macet, bisa menambahkan kipas pendingin.
Upgrade mesin ditujukan buat motor berjam
terbang tinggi, sebab komponen bergerak di dalam mesin pasti banyak yang
aus. Misal ring piston lemah, clearence piston sudah terlalu longgar
dan lainnya, cukup mengembalikan kepresisian komponen itu jadi normal
lagi, maka selain tenaga mesin meningkat, pemakaian BBM juga lebih irit.
12. Pakai Fuel Saver
Tidak haram jika mau aplikasi “part”
pengirit bensin kayak: power FX -femax-ring bensin dan sebagainya. Sebab
berdasarkan hasil riset, “part” itu memang terbukti mampu menekan
pemakaian bensin hingga 10%.
13. Upgrade Pengapian
Busi berperan penting bagi tenaga mesin.
Ada beberapa cara untuk meningkatkan kualitas percikannya. Contoh adopsi
peranti pengapian berspesifikasi high performance macam booster koil
atau koil racing. Langkan ini sudah di buktikan mampu membuat irit
konsumsi BBM di motor.
14. CDI Racing (tidak berlaku untuk ECU)
Mengingkatkan power mesin sekaligus ngirit
bensin, lewat mengatur ulang timing pengapian. Umumnya dibikin lebih
maju dari timing standartnya. Paling gampang, ganti otak pengapian
dengan CDI tipe racing. Penerapan langkah ini dapat mengefisiensikan
pemakaian BBM hingga 15% lo.
15. Ringankan Beban Motor.
Motor yg berat bikin lari ikut berat.
Pengendara jadi sering memilintir gas dalam saat mau berakselerasi
cepat. Jadi, sebaiknya hindari pemakaian aksesoris berlebihan yang dapat
membuat bobot motor bertambah. Gunakan variasi yang berbobot
enteng/ringan. Misal pelek alumunium, swing arm dan sebagainya.
16. Gunakan BBM Sesuai Karakter Motor.
Bila misalnya motor Anda hanya perlu
menggunakan BBM dari jenis premium, tak perlu Anda ganti dengan pertamax
atau pertamax plus hanya dengan keyakinan motor bakal berlari lebih
kencang. Pabrikan sebetulnya telah membuat komposisi paling ideal antara
tipe mesin dengan jenis BBM.
Untuk contoh di atas, memang motor ber-BBM
premium akan lebih kencang bila diberi pertamax. Tapi, itu akan membuat
motor bersangkutan mengonsumsi BBM lebih banyak (yang pasti harganya
lebih mahal). Demikian pula sebaliknya. Jika motor memang
direkomendasikan harus menggunakan pertamax, jangan menurunkan kualitas
dengan memakai BBM premium. Selain akan membuat mesin ngelitik,
penurunan spesifikasi BBM yang digunakan justru akan membuat motor boros
konsumsi BBM-nya.
17. Cara Berkendara
Kesemua cara ngiritin BBM ini akan percuma
bila tak dibarengi cara berkendara yang benar!!. Kalo anda masih suka
kebut-kebutan, sering memblayer gas saat motor berhenti, sering main
selip kopling dan lainnya. Sebaiknya, jalankan motor dengan kalem,
mengurut gas perlahan-lahan waktu berakselerasi, memposisikan
perseneling pada kondisi kecepatan dan putaran mesin yg pas, dijamin
konsumsi BBM anda akan jauh lebih irit.
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar