Kalau sepeda motor anda sudah mengalami masalah ini,tentunya langkah yang anda ambil adalah membawa sepeda motor anda ke bengkel kan ? Eit,....tunggu dulu...! Sebenarnya kalau anda ingin mencoba memperbaikinya tidaklah terlalu sulit,asal kerusakan sepeda motor anda tidak terlalu parah kok sob, Ya selain mengedit pengeluaran,anda juga bisa belajar jadi mekanik sepeda motor anda sendiri sob.
Langsung Checkin aja yah :
1.Coba Buka Busi dan bersihkan,seperti penjelasan saya sebelumnya "3 sebab mesin tidak menyala".tentang cara mengetes busi. Gejala mesin tersendat-sendat bisa disebabkan karena apibusi kecil,kalau hal ini terjadi pada motor anda,berarti kerusakan terjadi pada sistem pengapian,saran saya sebaiknya bawa motor anda kebengkel karena masalah pengapian gampang-gampang susah.Tapi seandainya anda tes,api busi normal tapi motor anda masih tersendat-sendat,lakukan langkah selanjutnya.
2.Cehck In Karburator
Cek tuas coke pada karbu,apakah normal,tertutup atau mungkin setengah buka setengah tutup.Pokoknya pastikan tuas coke benar-benar terbuka.Nyalakan mesin motor anda,kalau sepeda motor masih juga tersendat-sendat,buka dan bersihkan karburator.Asal anda teliti bongkar pasang karbu tidak ada susahnya,kuncinya teliti Sob.
Anda yakin karbu sudah bersih,pasang kembali ke mesin motor.Hidupkan dan seting setelan angin,
Setelah anda seting,tapi motor tetap saja tersendat anda wajib ganti karburator,saya sarankan ganti yang asli.
Langsung Checkin aja yah :
1.Coba Buka Busi dan bersihkan,seperti penjelasan saya sebelumnya "3 sebab mesin tidak menyala".tentang cara mengetes busi. Gejala mesin tersendat-sendat bisa disebabkan karena apibusi kecil,kalau hal ini terjadi pada motor anda,berarti kerusakan terjadi pada sistem pengapian,saran saya sebaiknya bawa motor anda kebengkel karena masalah pengapian gampang-gampang susah.Tapi seandainya anda tes,api busi normal tapi motor anda masih tersendat-sendat,lakukan langkah selanjutnya.
2.Cehck In Karburator
Cek tuas coke pada karbu,apakah normal,tertutup atau mungkin setengah buka setengah tutup.Pokoknya pastikan tuas coke benar-benar terbuka.Nyalakan mesin motor anda,kalau sepeda motor masih juga tersendat-sendat,buka dan bersihkan karburator.Asal anda teliti bongkar pasang karbu tidak ada susahnya,kuncinya teliti Sob.
Anda yakin karbu sudah bersih,pasang kembali ke mesin motor.Hidupkan dan seting setelan angin,
Setelah anda seting,tapi motor tetap saja tersendat anda wajib ganti karburator,saya sarankan ganti yang asli.
Problem karbu & Cara Detail Setting Karburator Motor
Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2 adl 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.
Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?
Jwbannya adl Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.
Misal:
Setting Karbu:
Karbu pny 2 spuyer :
Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:
1. “Ngempos” adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB
2. “Mberebet” adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.
Kasus-Kasus
Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :
Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.
Trus tuk kasus2 mainjet:
Note:
Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1:14?
Jwbannya adl Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB:O2.
Misal:
- Kompresi makin tinggi BERARTI mesin makin panas BERARTI butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.
- Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi BERARTI campuran BB terkontaminasi air, BERARTI campuran makin miskin, BERARTI bensin hrs lebih banyak.
- Suhu lingkungan rendah BERARTI suhu kerja mesin turun BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.
- Knalpot bobokan (Free flow) BERARTI rpm makin tinggi BERARTI suhu mesin meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
- Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg b’pengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Setting Karbu:
Karbu pny 2 spuyer :
- Satu buah main jet (tuk NSR std ukurannya 130) yg berperan meyalurkan BB saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas
- Satu buah pilot jet (NSR std ukurannya 45) yg berperan menyalurkan BB dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh N rpm mesin yg sudah tinggi.
- Ukuran Venturi karbu
- Jarum skep
- Stelan angin
- Power jet.
Trus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya hrs tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:
1. “Ngempos” adalah gejala mesin spt kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB
2. “Mberebet” adl gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cm tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.
Kasus-Kasus
Nah berikut kasus2 yg sering terjadi krn masalah pilot jet :
- Motor kl pagi susah hidup krn begitu gas dibuka ngempos terus mati ya berarti naekin pilot jet.
- Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet
- Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet
- Motor brebet di putaran bawah tapi enak di put atas berarti pilot jet kebesaran.
- Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start
Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos,suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.
Trus tuk kasus2 mainjet:
- Mtr dibawa kebut2an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis BERARTI main jet minta naik
- Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.
- Mtr ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin SANGAT TINGGI saat putaran atas BERARTI main jet minta naik.
- Motor Brebet di put atas saja berarti main jet minta turun
- dll
Note:
- Setiap ada perubahan ukuran spuyer wajib setting angin
- Jangan berpatokan pada indikator suhu di dashboard tuk panduan setting krn pasti gak sesuai, ini butuh joki yg feelingnya dah kuat.
- Adakalanya detonasi tdk bisa diobati dengan naekin spuyer jika detonasinya sudah parah. Ini berarti ada ketidaknormalan pada komponen mesin lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar