Rabu, 21 Januari 2015

Tips nikah murah

1. Datang langsung ke KUA
Spoiler for Gambar

Dalam ketentuan yang baru, pemerintah akan menghapus semua biaya pernikahan sebagaimana diatur dalam PP Nomor 47 Tahun 2004. Pasangan yang menikah tidak perlu lagi membayar biaya administrasi sebesar Rp 30 ribu.

Aturan beban tarif baru berlaku bagi pasangan yang berencana menikah di luar KUA. Bagi mereka, pemerintah akan mengenakan tarif sebesar Rp 600 ribu. Tarif itu juga berlaku bagi masyarakat yang tinggal di pelosok. Semua biaya transport penghulu akan ditanggung pemerintah.

Pengelolaan dana itu nantinya akan dikerjasamakan dengan sejumlah bank yang memiliki jaringan hingga pelosok

Berikut ini isi dari PP Nomor 47 Tahun 2004  (www.anggaran.depkeu.go.id)


Quote:2. Menggunakan KPS
Spoiler for Gambar

Kartu Perlindungan Sosial (KPS), sebagai kriteria masyarakat miskin yang akan digratiskan biaya pencatatan nikah.

Hal ini dimungkinkan akan mempermudah masyarakat miskin, untuk mendapatkan haknya selain mendapatkan BLSM, BSM dan raskin. Tetapi juga mendapatkan pernikahan gratis.

Walaupun orangtua dari calon mempelai yang punya KPS, mereka tetap bisa menikahkan anak-anaknya secara gratis.

Kebijakan ini disepakati melalui PP Nomor 51 tahun 2000, tentang Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), yang akan melibatkan lembaga dan kementerian untuk menetapkan.

Di dalamnya akan ada kebijakan tarif baru yang selanjutnya 80 persen penerimaan biaya tersebut, akan dikembalikan dalam biaya opersional.

Guna memaksimalkan perbaikan sistem pencatatan pemerintah dan administrasi, akan menggunakan e-KTP untuk melakukan perbaikan.

Untuk itu masyarakat harus mengurus identitas, guna mendapatkan hak-haknya termasuk nikah gratis untuk masyarakat miskin

Berikut ini isi dari PP Nomor 51 Tahun 2000  (hukum.unsrat.ac.id)


Quote:3. Cari Sponsor
Mungkin beberapa kaskuser sudah ada yang tau karena melihat pernikahan Raffi Ahmad – Nagita Slavina. Seperti yang agan dan aganwati tau, mereka itu nikah serba gratis gan! Bahkan rumah baru mereka pun didekorasi dari berbagai sponsor.

Nah ternyata cara ini tuh sudah dipake beberapa orang biasa (bukan artis) termasuk,
Pasangan muda dari Orlando, Florida, Courtney McKenzie dan Jamil Newell mengatur pernikahan impian mereka tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Mereka akan menikah dan berbulan madu ditanggung oleh sponsor. Yang berarti semua momen spesial mereka akan menampilkan segala macam produk dan iklan.

Mereka menikah di tempat impian mereka, Thailand. Upacara pernikahan itu sendiri berlangsung pada tanggal 14 Desember (barengan TS ulang tahun gan), dan mereka menghabiskan 11 hari berikutnya dengan menjelajahi Asia Tenggara - melakukan hal-hal menarik seperti naik gajah, scuba diving, dan bamboo rafting.

Setelah menyusun rencana pernikahan yang matang, Courtney kemudian mengumpulkan press release dan mulai mengirimkannya ke banyak orang. Dalam waktu singkat, ide mereka tentang pernikahan yang disponsori berhasil menjadi viral di BuzzFeed dan Facebook, dan pasangan ini pun berhasil tampil di Today Show. Percaya atau tidak, para reporter bahkan benar-benar berjuang untuk bisa mewawancarai mereka.

Mereka juga sudah membuat sebuah situs web pernikahan dengan jadwal rinci tentang rencana perjalanan mereka, serta paket sponsor untuk perusahaan yang tertarik dengan ide mereka. Mereka tidak hanya akan menyebutkan perusahaan dan produk yang mensponsori pernikahan mereka di beberapa situs media sosial, tetapi mereka akan menggunakan logo dari semua sponsor selama mereka melangsungkan pernikahan dan bulan madu.

Mereka bahkan akan menjahit logo perusahaan yang mensponsori pernikahan mereka pada gaun pengantin dan tuksedo. Selama mereka mampu mendapatkan USD 30.000 (sekitar Rp 351 juta) untuk kebutuhan pernikahan impian mereka, mereka bahkan tidak keberatan untuk menjadi billboard hidup.

Kampanye ini telah menemui keberhasilan. Courtney dan Jamil bahkan telah dijanjikan cincin kimpoi gratis untuk upacara mereka. Pakaian pernikahan juga sudah siap dan beberapa hotel juga telah bersedia untuk menyediakan akomodasi gratis bagi mereka selama bulan madu.

Courtney juga mengatakan bahwa sudah ada beberapa media yang menyatakan keinginan mereka untuk mengikuti pasangan ini sepanjang perjalanan mereka di Thailand. Uang yang mereka dapatkan dari sponsor itu tidak hanya dinikmati berdua karena pasangan ini juga berencana untuk menyumbangkan sebagian dari uang sponsor mereka (di luar biaya perjalanan) untuk amal.

Spoiler for Gambar


Quote:4. Menikah di Restoran Fast Food
"Ini adalah hari yang luar biasa. Saya mendapati beberapa orang menatap saya dengan pandangan aneh di Mc*, tetapi saya tidak peduli. Ini adalah hari besar saya dan saya akan menikmatinya," demikian penuturan Emily Marshall (21 tahun), sang pengantin perempuan.

Tidak banyak orang memilih restoran fast food sebagai tempat mengadakan pesta pernikahan, tetapi Emily dan suaminya, Steven Asher punya alasan sendiri. Gerai Mc* yang terletak di Bristol adalah tempat yang menjadi saksi perjalanan cinta mereka saat pacaran. Pasangan ini menyukai menu-menu yang disajikan Mc*, mereka harap para tamu juga menikmatinya.

Selain mengenang masa pacaran, Steven dan Emily ingin agar pesta pernikahan mereka selalu dikenang. Meskipun pemilihan lokasi dan menu dirasa aneh oleh banyak orang, pasangan ini sebenarnya sama seperti pasangan yang lain, menikah dengan suasana bahagia dan penuh cinta. Mereka melakukan pengesahan pernikahan di Bristol Registry Office.

"Ketika melihat Emily memakai gaun pernikahan pertama kali, saya tidak bisa mempercayai apa yang saya lihat, dia sangat cantik," ujar Steven. "Kami berdua gemetar saat melakukan upacara pernikahan, kami sangat gugup," lanjutnya.

Setelah itu, mereka datang ke Mc* dengan menu yang sudah dipesan, antara lain Chicken Nugget, Chicken Legend, Cheese Burger, Cola, Stawberry Milkshake dan sebagainya. Steven dan Emily tampak menikmati pesta pernikahan mereka, saling menatap mesra dan menyuapkan kentang goreng. Para tamu juga tampak santai dan ikut berbahagia.

"Semua orang menikmatinya, semua orang menyukai menu Mc* bukan?" ujar Steven.

"Upacara pernikahan berlangsung lancar dan semua tamu terlihat menikmati pesta pernikahan, saya bahagia," tambah Emily.

Spoiler for Gambar

Quote:Untuk cara yang kelima ini sih ane cuma ngasih saran sama agan dan aganwati yang muka tembok
Spoiler for Nikah Massal
Biasanya nikah massal suka diadain sama pemerintah gan, rajin-rajin aja ngecheck di google gan. Dengan nikah massal bahkan agan bisa mengadakan resepsinya barengan sama calon mempelai lain gan. Asas gotong royong gan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar